Langsung ke konten utama

Tips SEO Untuk Blogspot Anda

Para pembaca yang budiman, mari kita mulai mempelajari tentang SEO,karena kalau kita mau menjadi seorang bloger yang baik, mau tidak mau kita juga harus mempelajari tentang SEO.

Apa itu SEO? SEO disebut juga Search Engine Optimization adalah suatu upaya untuk meningkatkan jumlah pengunjung blog kita dengan cara membuat blog kita berada pada halaman pertama mesin pencari. Mencapai tingkat ini membuat web/blog kita berpeluang dilihat oleh banyak pengunjung yang datang dari mesin pencari seperti google. Semakin baik upaya kita melakukan SEO akan semakin banyak pula jumlah pengunjung yang akan mampir ke blog kita. Upaya untuk melakukan SEO sangat beragam, ada cara hitam atau curang dan cara putih atau bersih. Saya hanya akan memberikan yang cara yang dapat diterima oleh mesin pencari saja, yaitu cara bersih.

Salah satu kelebihan pada blogspot adalah kita bisa dengan leluasa untuk memodifikasi blog kita baik itu dari segi tampilannya ataupun pada cara SEO yang bisa kita lakukan. Anda boleh-boleh saja memakai cara-cara yang tidak bersih dalam upaya anda melakukan SEO, namun tentu saja anda harus bisa menanggung sendiri konsekuensinya kelak. Adalah sebuah pilihan yang bijak untuk melakukan upaya SEO dengan benar, karena ini nantinya justru akan memberikan hasil yang memuaskan buat anda. Berikut saya akan merangkum cara-cara SEO yang baik dan benar buat anda, sehingga nantinya akan memberikan hasil yang memuaskan.

1.       Maksimalkan Keyword pada blog
Apa itu keyword? Keyword adalah kata kunci. Jika kita ingin mebuat sebuah blog yang baik, maka kita harus memiliki sebuah kata kunci. Kata kunci bisa kata apa saja, tergantung dengan tema blog kita. Jika tema blog kita adalah tentang SEO, berarti kita harus mempergunakan kata SEO sebagai kata kunci. Letakkan kata kunci ini pada setiap bagian pada blog dengan wajar. Intinya adalah terdapat kata kunci yang memadai, baik itu pada judul blog, judul artikel, ataupun isi artikel. Namun ingat jangan letakkan kata kunci secara berlebihan, sebab nanti pasti akan menimbulkan efek yang tidak baik. Efek itu bisa timbul pada pembaca yang membaca blog anda ataupun bagi blog anda sendiri nantinya. Mesin pencari akan menganggap hal tersebut tidak wajar jika anda terlalu banyak menggunakan kata kunci  pada seluruh bagian blog anda. Efek lainnya bagi pembaca adalah mereka tidak akan merasa nyaman dengan artikel yang anda buat.

2.       Pilih template yang SEO friendly
Bahkan optimasi SEO tidak hanya terletak dalam optimasi keyword saja. Template blog pun bisa menjadi faktor yang tidak boleh dilupakan dalam upaya SEO anda. Template yang SEO friendly tidak harus template yang luar biasa dan wah, sebab ada template yang sederhana tetapi SEO friendly, begitupun sebaliknya. Hati-hati sebab sekarang ini banyak template gratisan yang sudah disisipi oleh kode-kode hack SEO, lebih bijak jika anda menggunakan template premium yang berbayar.

3.       Percepat waktu loading pada Blog
Anda tentu tidak ingin jika pengunjung anda terlalu lama melihat blog anda bukan? Bisa jadi mereka sudah pergi sebelum blog anda selesai terbuka seluruhnya. Loading blog bisa lama karena blog tersebut terlalu banyak menyimpan java script dan gambar didalamnya. Memang benar gambar dan java script akan lebih memperindah tampilan blog anda, tetapi jika terlalu banyak justru bisa menjadi boomerang bat anda nantinya. Sebuah blog yang terpenting adalah muatannya yang informatif bagi pembaca. Mereka datang karena tertarik dengan artikel-artikel berkualitas yang anda buat, bukan pada kehebatan dan tampilan yang super wah dari blog anda.

4.       Membangun Link dengan efektif
Membangun Link atau Link building merupakan salah satu aktivitas yang penting dalam SEO. Link building adalah suatu upaya membangun Link dengan banyak web atau blog lain. Cobalah kunjungi blog lain yang sejenis dengan blog anda kemudian berkomentarlah disana. Gunakan cara-cara berkomentar yang santun di blog lain, sehingga pemilik blog merasa nyaman dengan anda nantinya. Jika bisa ajaklah mereka untuk bertukar link dengan anda. Akan lebih mudah jika blog yang anda minta untuk bertukar link memliki tema yang sama dengan blog anda. Usahakan blog-blog yang ingin anda ajak untuk bertukar link adalah blog-blog dengan page rank yang tinggi. Jika anda berhasil membangun link dengan mereka, maka blog anda akan terangkat di mata mesin pencari. Tujuan Link building adalah menambah keterlihatan blog anda di mata mesin pencari. Semakin banyak Link berkualitas yang dapat anda bangun, akan semakin blog anda di mata mesin pencari nantinya.

Di atas semuanya itu, anda jangan melupakan isi paling penting dari blog anda, yaitu artikel. Sebab bagaimanapun artikel adalah faktor paling penting yang merupakan alasan kenapa pengunjung mau datang ke dalam blog anda. Percuma saja anda susah payah membangun SEO jika blog anda tidak mempunyai artikel berkualitas yang sarat informasi bagi pembaca anda. Jika ini yang terjadi, pengunjung yang datang ke dalam blog anda akan langsung meninggalkan blog anda dan anda tidak akan mendapatkan pembaca sedikitpun.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 tips agar blog anda banyak dikomentari orang

Salah satu kelebihan sebuah blog, adalah disediakannya fasilitas untuk saling berkomentar bagi para pembacanya. Semakin ramai orang yang berkunjung dalam sebuah blog kemudian berkomentar, itu berarti blog tersebut akan semakin populer. sayangnya tidak semua pembaca akan memberikan komentarnya di blog anda, mereka kebanyakan hanya akan menjadi silent reader yang sebatas membaca saja dan enggan memberikan komentarnya. lantas bagaimanakah carannya agar blog anda bukan hanya ramai pengunjung, tetapi juga banyak orang berkomentar di dalamnya, yang pada akhirnya akan mendongkrak popularitas blog anda? setelah banyak mengumpulkan artikel dari berbagai sumber mengenai topik ini, akan saya rangkum tips tips jitu berikut buat anda, semoga bermanfaat 10 tips agar blog anda banyak dikomentari orang 1. Dorong pembaca anda untuk berkomentar Tentu saja begitu logiknya, supaya orang mau berkomentar di blog anda, maka mintalah mereka untuk berkomentar. seperti kata pepatah suci "mintalah

Mengembangkan Citra Diri yang Positif

Citra diri merupakan satu unsur yang penting dalam mencapai kesuksesan. Citra diri yang positif akan mendekatkan anda pada kesuksesan, sebaliknya citra diri yang negatif akan menjauhkan anda pada kesuksesan. Hal ini dikarenakan jika anda memiliki citra diri yang negatif, maka anda akan menarik hal-hal yang negatif pada diri anda, dan sebaliknya jika citra diri anda positif, maka anda akan menarik hal-hal yang positif pada diri anda. Lalu apakah sebenarnya citra diri itu? Citra diri adalah gambaran menyeluruh dalam pikiran anda mengenai diri anda sendiri. Bagaimana anda menilai diri anda, keyakinan apa yang anda miliki, bakat dan potensi apakah yang menurut anda, anda kuasai dan sebagainya. Seluruh keyakinan dan pemahaman anda mengenai diri anda sendiri inilah yang membentuk citra diri anda. Itulah sebabnya ada ungkapan "Anda adalah apa yang anda pikirkan mengenai diri anda". Gambaran dan pikiran tentang diri anda sendiri, sangat menentukan kepercayaan diri anda untuk men

Bagaimana cara menulis dengan metode yang menyenangkan

Selamat pagi kawan, bagaimana kabar anda pagi hari ini, tentu sehat sehat saja bukan? Saya harap begitu. Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas sebuah topik yang akan cukup panjang. Silahkan siapkan dulu cemilan dan kopi untuk menemani anda membaca..he3x. Apakah selama ini anda merasa kesulitan dengan tuntutan pekerjaan anda sebagai seorang penulis? Hei..itu sudah menjadi jalan hidup anda bukan? Kenapa anda merasa berat? :-) Sory saya Cuma bercanda. Tetapi kalau dulu saya pernah merasakan hal itu kawan, lha wong sudah memutuskan untuk menekuni dunia tulis menulis, tapi begitu waktunya tiba untuk menulis eh malah ide terasa tersumbat. Padahal sudah menyiapkan alat tulis dan pena. Kok bisa begitu ya. Setelah saya telusuri, itu karena pada waktu menulis saya hanya terpaku pada keadaan bahwa saya harus membuat tulisan yang baik. Jadi ada semacam tuntutan bahwa tulisan yang saya buat nanti harus bisa baik dan sempurna. Lha wong saya baru mencoba pertama kali menulis