Langsung ke konten utama

Jadikan Menulis Sebagai Gaya Hidup Anda

Ketika pertama kali anda memutuskan untuk menjadi seorang penulis, apa motivasi terbesar yang mempengaruhi keputusan anda tersebut? Jika anda becita-cita untuk menjadi seorang penulis profesional, anda harus dapat menjawab pertanyaan ini dengan baik.
Menulis itu jika ditekuni akan mendatangkan banyak manfaat. Lebih-lebih jika kebiasaan menulis itu dimanage dengan baik, akan dapat menghasilkan pemasukan yang berarti kepada anda. Sebenarnya menulis itu gampang-gampang susah. Gampang jika anda punya banyak ide, mood anda sedang baik, dan memang anda sudah terbiasa menulis. Susahnya adalah memanage kegiatan menulis itu sendiri jika kita sedang dalam kondisi minim ide, dan mood kita menurun. Terlebih untuk menjaga konsistensi dan komitmen untuk tetap fokus pada profesi menulis, apaun keadaanya.
Lantas bagaimana cara untuk mensiasati kendala dalam menulis? Agar kita tetap dapat menjaga komitmen dan konsistensi, meskipun dalam kondisi paceklik ide sekalipun. Tetap produktif menulis meskipun mood kita tak menentu, dan berbagai faktor penghambat lainnya. Berikut merupakan kiat-kiat yang saya terapkan pada diri sendiri untuk mengatasi hal-hal di atas. Langkah-langkah berikut jika anda lakukan secara konsisten, akan membuat anda produktif dalam menulis, dan keahlian menulis anda akan semakin terasah.
1.       Temukan alasan mendasar
Apapun profesinya, seseorang memiliki sebuah alasan yang mendasar dan kuat mengapa ia menekuni profesi tersebut. Begitu juga dengan profesi menulis. Alasan tersebut bisa berhubungan dengan minat, bakat, hoby, ataupun alasan finansial sekalipun. Namun untuk menjadi seorang penulis yang hebat, jangan hanya alasan finansial saja yang menjadi faktor penyebab anda terjun ke dalam dunia kepenulisan. Sebab jika demikian, ketika menulis tidak lagi mendatangkan keuntungan finansial seperti yang anda harapkan. Anda akan mudah berhenti menjadi serang penulis.
2.       Jadikan menulis menjadi gaya hidup anda
Menjadikan menulis menjadi gaya hidup berarti kegiatan menulis sudah mendarah daging dalam diri anda. Setiap kegiatan anda dari bangun tidur sampai tidur lagi malam harinya dapat dan selalu anda catat setiap hari. Ketika berbelanja di supermarket anda menemui sebuah brosur iklan, anda lalu mempunyai sebuah ide brilian yang langsung anda jadikan bahan tulisan anda. Ketika menonton film anda lalu terinspirasi untuk menulis sebuah novel. Dan banyak lagi hal-hal dalam keseharian anda yang bisa menjadi bahan tulisan anda.
3.       Tantanglah diri anda untu membuat sebuah karya orisinal anda sendiri.
Ketika anda sudah berhasil membuat sebuah karya tulisan orisinal, kepercayaan diri anda akan meningkat. Buatlah sebuah karya orisinal mulai dari yang kecil-kecil saja dahulu. Bisa berupa artikel tentang hal-hal yang anda kuasai. Dan konsistenlah dalam hal itu. Tanpa terasa nanti anda akan memiliki ratusan artikel tentang topik yang anda sukai. Hal ini sama saja dengan membuat satu buku.
4.       Bergaulah dengan orang atau komunitas penulis
Lingkungan mempengaruhi seseorang. Jika lingkungan kita adalah lingkungan yang mendukung kita. Maka kita akan mengalami perkembangan yang terus meningkat sebagai seorang penulis. Namun sebaliknya, jika lingkungan kita tidak mendukung, maka hambatan kita menjadi seorang penulis profesional juga akan besar. Disamping itu dengan bergaul dengan komunitas penulis, semangat kita akan terjaga bahkan terus meningkat. Ide-ide yang bisa kita dapatkan untuk bahan tulisan pun akan semakin mudah kita dapatkan. Kita juga bisa mendapatkan arahan dan petunjuk dari para penulis profesional lain. Dan yang lebih penting lagi kita akan semakin produktif dalam menulis.
Temukan alasan terpenting yang membuat anda memutuskan menjadi seorang penulis, jadikan menulis sebagai gaya hidup anda, dan bergaulah dengan sesama penulis. Hal-hal penting ini lah yang ditanamkan oleh para penulis profesional agar bisa terus produktif dalam menulis. Buatlah itu menjadi pijakan dan gaya hidup anda. Dan tunggulah hasil manis yang bakal anda dapatkan nantinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 tips agar blog anda banyak dikomentari orang

Salah satu kelebihan sebuah blog, adalah disediakannya fasilitas untuk saling berkomentar bagi para pembacanya. Semakin ramai orang yang berkunjung dalam sebuah blog kemudian berkomentar, itu berarti blog tersebut akan semakin populer. sayangnya tidak semua pembaca akan memberikan komentarnya di blog anda, mereka kebanyakan hanya akan menjadi silent reader yang sebatas membaca saja dan enggan memberikan komentarnya. lantas bagaimanakah carannya agar blog anda bukan hanya ramai pengunjung, tetapi juga banyak orang berkomentar di dalamnya, yang pada akhirnya akan mendongkrak popularitas blog anda? setelah banyak mengumpulkan artikel dari berbagai sumber mengenai topik ini, akan saya rangkum tips tips jitu berikut buat anda, semoga bermanfaat 10 tips agar blog anda banyak dikomentari orang 1. Dorong pembaca anda untuk berkomentar Tentu saja begitu logiknya, supaya orang mau berkomentar di blog anda, maka mintalah mereka untuk berkomentar. seperti kata pepatah suci "mintalah

Mengembangkan Citra Diri yang Positif

Citra diri merupakan satu unsur yang penting dalam mencapai kesuksesan. Citra diri yang positif akan mendekatkan anda pada kesuksesan, sebaliknya citra diri yang negatif akan menjauhkan anda pada kesuksesan. Hal ini dikarenakan jika anda memiliki citra diri yang negatif, maka anda akan menarik hal-hal yang negatif pada diri anda, dan sebaliknya jika citra diri anda positif, maka anda akan menarik hal-hal yang positif pada diri anda. Lalu apakah sebenarnya citra diri itu? Citra diri adalah gambaran menyeluruh dalam pikiran anda mengenai diri anda sendiri. Bagaimana anda menilai diri anda, keyakinan apa yang anda miliki, bakat dan potensi apakah yang menurut anda, anda kuasai dan sebagainya. Seluruh keyakinan dan pemahaman anda mengenai diri anda sendiri inilah yang membentuk citra diri anda. Itulah sebabnya ada ungkapan "Anda adalah apa yang anda pikirkan mengenai diri anda". Gambaran dan pikiran tentang diri anda sendiri, sangat menentukan kepercayaan diri anda untuk men

Welcome Back Author Teruslah Bergerak Melangkah Menapaki Tangga Kesuksesan

wah wah ternyata sudah sangat lama saya tidak menulis lagi di blog ini. Kalau tidak salah blog ini sudah saya tulis sejak lama dulu. Karena berbagai hal,  saya sempat lupa kalau blog ini ada. he he he .. oh iya saya sekarang sudah memiliki blog dot com baru ini Linknya , isinya tentang Kiat-kiat sukses dan tentang Internet Marketing. Saya akan memulai lagi semuanya dari awal, bedanya kali ini saya kan posting artikel secara lebih konsisten lagi. Saya akan menggunakan kesempatan mengembangkan blog ini sebagai batu pijakan buat saya memulai bisnis yang sebenarnya. Saya sadar sesadar-sadarnya bahwa untuk bisa memulai dan mengembangkan sebuah blog sangat dibutuhkan kekonsistenan diri yang tinggi. Maka dari itu saya mulai menulis lagi di dalam blog ini untuk melatih diri menuju sikap menulis blog secara konsisten, sehingga nantinya saya bisa membangun bisnis secara Total. Hal pertama yang perlu dipersiapkan tentu saja bukan modal uang. Seseorang yang hanya memiliki uang saja dalam hid