Langsung ke konten utama

Pentingnya Mencari Seorang Mentor yang Bisa Mengajari Anda Bisnis Internet

Dalam artikel saya yang sebelumnya, saya memberikan masukan bahwa sebaiknya anda mencari mentor yang bisa menuntun anda dalam memahami bisnis internet. Kenapa ini sebaiknya anda lakukan? Dengan memiliki seorang mentor, anda akan dibimbing secara bertahap dalam menjalankan sebuah bisnis dengan benar. untuk seorang pemula biasanya, para mentor akan merekemondasikan suatu bisnis yang sesuai dengan minat atau bakat pribadi anda. Hal ini adalah untuk memastikan tingkat determinasi anda nantinya untuk berkutat dalam tipe bisnis tertentu yang sesuai dengan minat anda tersebut. Jika anda menekuni suatu bisnis yang tidak sesuai dengan minat yang anda miliki, besar kemungkinan anda tak akan bertahan di dalamnya.

langkah berikutnya adalah seorang mentor yang baik biasanya akan memberikan gambaran besar mengenai tipe bisnis yang cocok untuk anda masuki nantinya, dia akan jujur pada anda mengenai kelebihan maupun kekurangan tipe bisnis yang akan anda masuki tersebut. Disamping itu seorang mentor yang baik akan memberikan strategi-strategi khusus mengenai pencapaian tujuan berkaitan dengan usaha bisnis internet yang akan anda masuki tersebut. dan karena setiap strategi yang akan digunakan membutuhkan skill-skill tertentu, mungkin sang mentor akan menuntut anda untuk menguasai skil-skil yang dibutuhkan terlebih dahulu.




Sebagai contoh mungkin keahlian anda adalah menulis, mungkin sang mentor akan mengarahkan anda untuk bisnis adsense. Disini skil-skil yang mungkin diperlukan adalah membuat web atau blog, kemampuan bahasa inggris, teknik-teknik copywriting dan sebagainya. Peran sang mentor disini adalah menunjukkan jalan didepan anda, peluang-peluang yang mungkin bisa anda ambil, siapa-siapa saja yang mungkin bisa anda ajak kerjasama, dan lain sebagainya. disamping itu sang mentor yang baik pasti akan menuntut mengenai tingkat dan determinasi anda dalam mengerjakan bisnis anda. beliau akan mulai untuk membuat tugas-tugas tertentu dalam minggu minggu pertama yang wajib anda selesaikan. mengatur jadwal dan prioritas kegiatan anda entah itu mencari referensi bahan, menulis konten, berkunjung ke blog/web lain dan sebagainya. intinya beliau akan memonitor segala kegiatan bisnis anda dengan seksama. karena hanya dengan cara begitu beliau akan dapat memantau tingkat perkembangan anda, dan memberikan masukan yang efektif buat anda.

Dalam memilih figur guru, menurut mas Cosa Aranda, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui sebelumnya.
  • Apabila mereka  adalah orang yang sukses, pahami bahwa ‘waktu luang’ mereka terbatas. Orang-orang yang sukses berusaha untuk mempersingkat waktu kerja mereka karena mereka ingin meluangkan waktu sebanyak-banyaknya bersama dengan orang yang mereka cintai atau untuk melakukan hal-hal yang mereka cintai. Jadi, yang dimaksud dengan terbatas di sini adalah waktu yang mereka alokasikan untuk melakukan hal-hal yang bukan tujuan awal mereka untuk sukses. Nah, dengan demikian, jangan berharap bahwa ‘seorang guru’ akan standby dan bisa mengajari Anda setiap waktu. Sekali lagi bukan karena tidak mau, melainkan karena tidak ada waktu. Solusinya adalah Anda yang harus cerdas untuk mengamati kebiasaan dari mereka dan apa yang mereka kerjakan untuk mendapatkan kesuksesan. Selanjutnya tinggal ATM (Amati, Tiru, Modifikasi).
  • Seorang guru juga manusia, tidak selamanya putih. Meskipun di depan terlihat selalu melakukan tehnik-tehnik whitehat, bisa jadi di belakang dia mengerjakan hal lain secara blackhat. Ini WAJAR. Yang tidak wajar adalah apabila kita kemudian memandang sinis pada mereka hanya gara-gara ketahuan melakukan kegiatan blackhat tersebut. Kenapa? Karena pada saat Anda memilih mereka sebagai guru, mengetahui baik buruknya mereka di kemudian hari adalah suatu resiko.
  • Berkaitan dengan poin di atas, miliki pikiran yang terbuka (open mind) dan belajarlah dari banyak guru. Masing-masing dari mereka memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. So, ambil kelebihannya, dan pilah keburukannya. Ingat, ini bisnis, dan Anda sedang berusaha untuk sukses. Tidak perlu sungkan untuk belajar dari berbagai sumber. Apalagi jika diantaranya berbayar. Yang penting adalah itu tadi, have an open mind. Pernah nonton film-film kungfu atau baca cerita silat, kan? Biasanya, apabila seseorang ingin belajar jurus atau aliran yang baru, maka ia akan diminta untuk membuang atau melupakan aliran-aliran kungfu yang sudah ia kuasai sebelumnya. Konsepnya sama dengan membuka pikiran kita terhadap ajaran bisnis internet yang berbeda 
menurut pendapat saya pribadi, mencari mentor penting dilakukan, namun itu semua tergantung dari keputusan anda pribadi. sebab mencari ilmu juga tidak terbatas dari seorang mentor saja. anda juga bisa belajar dari buku, atau mencari-cari artikel-artikel yang beterbaran di internet. semuanya tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri-sendiri. namun yang pasti dengan memiliki seorang mentor, tingkat determinasi dan perkembangan kita dalam berbisnis di internet akan lebih terpantau dan terukur. jadi, segeralah putuskan yang terbaik buat anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 tips agar blog anda banyak dikomentari orang

Salah satu kelebihan sebuah blog, adalah disediakannya fasilitas untuk saling berkomentar bagi para pembacanya. Semakin ramai orang yang berkunjung dalam sebuah blog kemudian berkomentar, itu berarti blog tersebut akan semakin populer. sayangnya tidak semua pembaca akan memberikan komentarnya di blog anda, mereka kebanyakan hanya akan menjadi silent reader yang sebatas membaca saja dan enggan memberikan komentarnya. lantas bagaimanakah carannya agar blog anda bukan hanya ramai pengunjung, tetapi juga banyak orang berkomentar di dalamnya, yang pada akhirnya akan mendongkrak popularitas blog anda? setelah banyak mengumpulkan artikel dari berbagai sumber mengenai topik ini, akan saya rangkum tips tips jitu berikut buat anda, semoga bermanfaat 10 tips agar blog anda banyak dikomentari orang 1. Dorong pembaca anda untuk berkomentar Tentu saja begitu logiknya, supaya orang mau berkomentar di blog anda, maka mintalah mereka untuk berkomentar. seperti kata pepatah suci "mintalah

Mengembangkan Citra Diri yang Positif

Citra diri merupakan satu unsur yang penting dalam mencapai kesuksesan. Citra diri yang positif akan mendekatkan anda pada kesuksesan, sebaliknya citra diri yang negatif akan menjauhkan anda pada kesuksesan. Hal ini dikarenakan jika anda memiliki citra diri yang negatif, maka anda akan menarik hal-hal yang negatif pada diri anda, dan sebaliknya jika citra diri anda positif, maka anda akan menarik hal-hal yang positif pada diri anda. Lalu apakah sebenarnya citra diri itu? Citra diri adalah gambaran menyeluruh dalam pikiran anda mengenai diri anda sendiri. Bagaimana anda menilai diri anda, keyakinan apa yang anda miliki, bakat dan potensi apakah yang menurut anda, anda kuasai dan sebagainya. Seluruh keyakinan dan pemahaman anda mengenai diri anda sendiri inilah yang membentuk citra diri anda. Itulah sebabnya ada ungkapan "Anda adalah apa yang anda pikirkan mengenai diri anda". Gambaran dan pikiran tentang diri anda sendiri, sangat menentukan kepercayaan diri anda untuk men

Welcome Back Author Teruslah Bergerak Melangkah Menapaki Tangga Kesuksesan

wah wah ternyata sudah sangat lama saya tidak menulis lagi di blog ini. Kalau tidak salah blog ini sudah saya tulis sejak lama dulu. Karena berbagai hal,  saya sempat lupa kalau blog ini ada. he he he .. oh iya saya sekarang sudah memiliki blog dot com baru ini Linknya , isinya tentang Kiat-kiat sukses dan tentang Internet Marketing. Saya akan memulai lagi semuanya dari awal, bedanya kali ini saya kan posting artikel secara lebih konsisten lagi. Saya akan menggunakan kesempatan mengembangkan blog ini sebagai batu pijakan buat saya memulai bisnis yang sebenarnya. Saya sadar sesadar-sadarnya bahwa untuk bisa memulai dan mengembangkan sebuah blog sangat dibutuhkan kekonsistenan diri yang tinggi. Maka dari itu saya mulai menulis lagi di dalam blog ini untuk melatih diri menuju sikap menulis blog secara konsisten, sehingga nantinya saya bisa membangun bisnis secara Total. Hal pertama yang perlu dipersiapkan tentu saja bukan modal uang. Seseorang yang hanya memiliki uang saja dalam hid