Langsung ke konten utama

Buatlah Hidupmu Menginspirasi Banyak Orang (bagian3)



Bagaimana keadaaan anda sekarang? Saya ingin anda mengatakan “WOW, Luar biasa”. Semoga keadaaan ini selalu anda rasakan di dalam setiap aktivitas yang anda lakukan. Amin. Baiklah, dalam kesempatan kali ini saya akan menyelesaikan artikel saya sebelumnya. Perhatikanlah bahwa bagian ini adalah bagian yang akan menentukan berhasil tidaknya 50 persen perjalanan anda nantinya dalam menggapai tujuan hidup anda nantinya. Bersiap-siaplah.
            Suatu rencana tidak akan berarti apa-apa jika tidak diikuti dengan tindakan nyata. Setiap tindakan yang anda ambil berdasarkan rencana yang anda buat, akan semakin mendekatkan anda pada tujuan anda, seberapa pun kecil langkah tindakan anda. Ada pepatah cina yang mengatakan “ perjalanan sejauh satu li dimulai dengan satu langkah”. Milikilah keyakinan dalam setiap tindakan anda, bahwa pada suatu saat nanti anda akan sampai pada tempat tujuan anda. Orang yang gagal dalam mencapai tujuannya hanya satu, yaitu adalah karena mereka berhenti. Ya mereka berhenti berjalan, berhenti berjuang, berhenti bertindak, dan bahkan berhenti berharap. Dengan sejuta alasan yang mereka buat untuk membenarkan tindakan mereka, pada orang lain dan terlebih diri mereka sendiri. Dan sebenarnya jika mereka memilih untuk tetap berjalan, ternyata terdapat juga sejuta solusi yang dapat mereka ambil dalam mengatasi permasalahan yang menghadang mereka. Manakah yang akan anda ambil?
            Sebenarnya yang perlu kita miliki dalam setiap langkah tindakan dalam menggapai tujuan agar kita tidak mudah untuk memilih berhenti jika menghadapi masalah adalah antisipasi. Begini altenatif yang bisa saya berikan, daftarlah setiap halangan, hambatan, permasalahan yang menurut anda nantinya akan berpengaruh pada setiap langkah tindakan anda. Kemudian pikirkanlah antisipasi yang mungkin terpikirkan dalam benak anda. Jika anda belum menemukannnya, anda bisa minta pendapat orang lain yang sudah lebih berpengalaman daripada anda. Atau anda bisa memilih untuk membekali diri dengan pengetahuan dan ketrampilan praktis terhadap suatu hal tertentu yang berpotensi menjadi masalah anda nantinya. Begitulah, anda sudah harus mulai memikirkan tindakan-tindakan antisipasi secepatnya. Ini akan menjadi bekal yang sangat berguna bagi anda nantinya.
            Hidup ini adalah sebuah perjalanan. Maka untuk tetap bisa berjalan kita tentu memerlukan bekal yang cukup dalam perjalanan. Bekal apa yang penting yang perlu kita bawa dalam perjalanan? itu adalah energi, ya betul energi. Sehebat apapun diri kita, sematang apapun rencana kita, dan betapapun bagusnya cadangan antisipasi yang sudah kita buat, tetapi kalau kita melupakan hal yang satu ini, yaitu energi. Kita akan berakhir konyol di tengah perjalanan nantinya. Tidak lucu bukan? Memang tidak. Energi yang saya maksud disini ada dua, yaitu energi mental dan energi fisik. Apa itu energi mental? Energi mental adalah motivasi, atau daya dorong yang muncul di dalam diri. Ini adalah kekuatan internal yang kita miliki dalam diri kita, yang mampu mendorong kita melakukan hal-hal apapun yang kita inginkan dalam hidup ini. Motivasi ini sangat penting untuk kita, oleh karenanya kita harus mampu menjaganya di dalam perjalanan kita menggapai impian. Banyak cara untuk menjaga agar motivasi hidup kita terus ada untuk kita pergunakan. Sebagian sudah saya tuliskan dalam artikel-artikel saya yang dulu coba anda baca kembali.
            Energi kedua yang kita perlukan adalah energi fisik. Ini berasal dari makanan yang kita konsumsi setiap harinya. Perhatikan pola makan setiap harinya, usahakan setiap menu yang anda makan sudah memenuhi kebutuhan gizi harian anda. Satu aturan khusus perihal pola makan yang mungkin berguna bagi anda, “ambilah menu makan untuk mencukupi kebutuhan gizi anda setiap harinya”. Bukannya anda makan malahan untuk memenuhi nafsu makan anda yang berlebih. Karena bisa jadi nantinya anda akan mengalami efek yang tidak diinginkan setelah makan. Sekian artikel ini saya buat untuk anda, semoga anda masih merasa “wow, luar biasa”. Salam sukses selalu.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 tips agar blog anda banyak dikomentari orang

Salah satu kelebihan sebuah blog, adalah disediakannya fasilitas untuk saling berkomentar bagi para pembacanya. Semakin ramai orang yang berkunjung dalam sebuah blog kemudian berkomentar, itu berarti blog tersebut akan semakin populer. sayangnya tidak semua pembaca akan memberikan komentarnya di blog anda, mereka kebanyakan hanya akan menjadi silent reader yang sebatas membaca saja dan enggan memberikan komentarnya. lantas bagaimanakah carannya agar blog anda bukan hanya ramai pengunjung, tetapi juga banyak orang berkomentar di dalamnya, yang pada akhirnya akan mendongkrak popularitas blog anda? setelah banyak mengumpulkan artikel dari berbagai sumber mengenai topik ini, akan saya rangkum tips tips jitu berikut buat anda, semoga bermanfaat 10 tips agar blog anda banyak dikomentari orang 1. Dorong pembaca anda untuk berkomentar Tentu saja begitu logiknya, supaya orang mau berkomentar di blog anda, maka mintalah mereka untuk berkomentar. seperti kata pepatah suci "mintalah

Mengembangkan Citra Diri yang Positif

Citra diri merupakan satu unsur yang penting dalam mencapai kesuksesan. Citra diri yang positif akan mendekatkan anda pada kesuksesan, sebaliknya citra diri yang negatif akan menjauhkan anda pada kesuksesan. Hal ini dikarenakan jika anda memiliki citra diri yang negatif, maka anda akan menarik hal-hal yang negatif pada diri anda, dan sebaliknya jika citra diri anda positif, maka anda akan menarik hal-hal yang positif pada diri anda. Lalu apakah sebenarnya citra diri itu? Citra diri adalah gambaran menyeluruh dalam pikiran anda mengenai diri anda sendiri. Bagaimana anda menilai diri anda, keyakinan apa yang anda miliki, bakat dan potensi apakah yang menurut anda, anda kuasai dan sebagainya. Seluruh keyakinan dan pemahaman anda mengenai diri anda sendiri inilah yang membentuk citra diri anda. Itulah sebabnya ada ungkapan "Anda adalah apa yang anda pikirkan mengenai diri anda". Gambaran dan pikiran tentang diri anda sendiri, sangat menentukan kepercayaan diri anda untuk men

Bagaimana cara menulis dengan metode yang menyenangkan

Selamat pagi kawan, bagaimana kabar anda pagi hari ini, tentu sehat sehat saja bukan? Saya harap begitu. Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas sebuah topik yang akan cukup panjang. Silahkan siapkan dulu cemilan dan kopi untuk menemani anda membaca..he3x. Apakah selama ini anda merasa kesulitan dengan tuntutan pekerjaan anda sebagai seorang penulis? Hei..itu sudah menjadi jalan hidup anda bukan? Kenapa anda merasa berat? :-) Sory saya Cuma bercanda. Tetapi kalau dulu saya pernah merasakan hal itu kawan, lha wong sudah memutuskan untuk menekuni dunia tulis menulis, tapi begitu waktunya tiba untuk menulis eh malah ide terasa tersumbat. Padahal sudah menyiapkan alat tulis dan pena. Kok bisa begitu ya. Setelah saya telusuri, itu karena pada waktu menulis saya hanya terpaku pada keadaan bahwa saya harus membuat tulisan yang baik. Jadi ada semacam tuntutan bahwa tulisan yang saya buat nanti harus bisa baik dan sempurna. Lha wong saya baru mencoba pertama kali menulis