Langsung ke konten utama

4 Langkah Penting yang Perlu Anda Perhatikan dalam Membuat Artikel yang SEO Friendly

Seperti yang saya kemukakan sebelumnya, SEO tidak terbatas pada pemilihan template, penggunaan keyword, dan membangun link berkualitas saja. Lebih dari itu dan sebenarnya merupakan faktor yang paling penting yaitu kita harus memikirkan tentang pembuatan artikel. Bagi sebuah blog, artikel merupakan bahan baku utama, orang datang ke blog kita karena mereka ingin mendapatkan informasi yang mereka inginkan. Inilah mengapa artikel yang kita buat harus berupa artikel yang padat, informatif dan berbobot. Jangan kita membuat artikel hanya untuk kepentingan search engine saja, tapi buatlah demi kepentingan pembaca.

Anda harus tahu, bahwa dengan memberikan artikel yang syarat informasi, padat, dan berbobot, hasilnya akan cenderung bagus untuk kepentingan SEO anda. Hal ini disebabkan bahwa dalam artikel yang demikian akan terkandung banyak keyword tentang tema artikel anda yang tersebar secara merata dan natural. Keyword-keyword tersebut akan tersebar merata baik dalam judul, maupun keseluruhan isi artikel anda. Dan bukan hanya itu saja, keyword-keyword tersebut tidak akan terlihat dipaksakan berada disana.

Anda tidak percaya dengan argumen saya? Baiklah kalau begitu, untuk mencobanya saya berikan rambu-rambu buat anda supaya anda yakin bahwa artikel yang anda buat nantinya bukan hanya bagus untuk pembaca anda, namun juga bagus untuk kepentingan SEO anda.

      1.      Pilihlah topik yang tepat
Kunci untuk memilih topik yang tepat adalah topik yang diinginkan oleh pembaca blog anda. Bukankah tujuan anda membuat blog adalah supaya blog anda ramai? Maka inilah satu solusinya. Akan lebih bagus lagi jika topik yang anda pilih tersebut adalah suatu topik yang tidak lekang oleh waktu. Contohnya bisa tentang pemasaran online, SEO, bloging for money dsb. Anda harus tahu, karena topik ini merupakan topik yang tak lekang oleh waktu, maka tingkat persaingannya juga akan tinggi. Anda bisa mengantisipasinya dengan membuat sesuatu yang unik dalam artikel anda tersebut. Pastikan bahwa walaupun mungkin tema artikel anda sama dengan banyak artikel lain, namun pembaca anda akan menemukan sesuatu yang beda dari artikel yang anda buat tersebut. Akan lebih bagus lagi jika pembaca anda bukan hanya menemukan sesuatu yang berbeda, namun mereka jika mendapatkan informasi yang padat dan lengkap tentang topik yang mereka cari. Hal ini akan membuat mereka senang dengan pembahasan anda, dan membuat mereka selalu kembali mengunjungi blog anda.

      2.      Perhatikan perkembangan blog kompetitor anda
Dengan melihat perkembangan blog kompetitor, anda bisa belajar dari mereka. Anda bisa mempelajari strategi-strategi yang mereka gunakan. Ini merupakan sebuah kegiatan yang asyik buat anda. Berperanlah sebagai seorang detektif yang mengamati seluruh kegiatan yang dilakukan kompetitor anda. Tentu saja karena yang anda amati adalah sebuah blog, maka anda bisa sangat leluasa melakukannya. Lihatlah bagaimana mereka membuat tema artikel, pemilihan judul, keyword apa yang mereka gunakan, dan bagaimana penyebaran keyword tersebut. Lihat pula cara mereka membangun link, kemana saja link tersebut mengarah, apakah semuanya mengarah ke blog dengan peringkat bagus? Bagaimana dengan template blog yang mereka gunakan? Apakah sederhana, ataukah kompleks? Bagaimana dengan loading blognya? Apakah mungkin bahwa meskipun kompleks namun loadingnya tetap ringan? Carilah tahu bagaimana melakukannya.

Dengan melakukan hal-hal ini anda akan tahu banyak hal mengenai blog kompetitor anda. Ini sah-sah saja untuk dilakukan, karena anda hanya bermaksud untuk mempelajari blog mereka, dan bukan untuk melakukan tindakan yang merugikan. Dari kegiatan-kegiatan yang anda lakukan diatas cobalah anda mencari celah yang bisa anda manfaatkan, gunakan celah itu sebagai pembeda blog anda dengan blog kompetitor anda. Jika anda melakukannya dengan baik, maka anda bisa segera bersaing secara efektif dengan mereka. Ingat lakukan cara-cara ini hanya untuk mempelajari yang mereka lakukan, bukan untuk meniru habis-habisan, bahkan copas artikel. Jika ini yang anda lakukan, maka bukan hanya blog anda akan terdepak jauh dari mesin pencari, namun reputasi anda juga akan rusak.

      3.      Ikuti perkembangan yang sedang berlangsung
Aktiflah dengan berbagai sosial media, cari tahu perkembangan apa yang sedang terjadi, hal-hal apa yang sedang menjadi topik utama dan banyak diperbincangkan orang saat itu. Libatkan diri anda ke dalamnya dan pelajari topik tersebut. Tulislah artikel-artikel yang sedang menjadi topik utama ini dan sajikan sesuatu yang menarik darinya. Hal ini tidak saja akan membawa banyak pembaca datang ke blog anda, tetapi juga menunjukkan pada mesin pencari bahwa blog anda selalu update dan dinamis. Latih kemampuan anda untuk memprediksi perkembangan apa yang akan terjadi di masa mendatang. Hal ini bisa anda lakukan dengan terus aktif dan melibatkan diri dalam banyak sosial media. Sebab memprediksi perkembangan apa yang akan terjadi, selalu berpijak pada perkembangan yang sedang terjadi sekarang ini.

      4.      Seimbangkan kebutuhan untuk pembaca dan kebutuhan untuk SEO blog anda
Sampai sejauh ini tentu anda sudah mempunyai gambaran bagaimana caranya menyeimbangkan kebutuhan pembaca dan SEO blog anda. Berangkatlah dari topik-topik yang sedang hangat diperbincangkan, tentukan kata kunci artikel anda, buatlah artikel yang sarat informasi dan berbobot untuk pembaca anda, dan sebar kata kunci secara merata dan natural ke dalam seluruh artikel blog anda. Kedua kebutuhan ini harus secara seimbang anda penuhi, sebab biasanya apa yang penting dan dibutuhkan oleh pembaca blog anda, juga akan penting disisi search engine.

Seorang bloger harus mencintai apa yang ia lakukan, karena tanpa itu ia tidak akan bisa bertahan. Jika anda mencintai aktivitas ngeblog, maka hal-hal yang saya sampaikan diatas akan bisa anda lakukan dengan enteng, karena anda senang untuk melakukannya. Berbeda jika ternyata anda tidak menyukainya, maka setiap kegiatan ngeblog yang harus anda lakukan akan terasa berat untuk dilakukan. Cintailah aktivitas bloging, jadikan itu sebagai pasion anda. Maka segala yang akan anda lakukan, dapat dilakukan dengan hati yang gembira.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 tips agar blog anda banyak dikomentari orang

Salah satu kelebihan sebuah blog, adalah disediakannya fasilitas untuk saling berkomentar bagi para pembacanya. Semakin ramai orang yang berkunjung dalam sebuah blog kemudian berkomentar, itu berarti blog tersebut akan semakin populer. sayangnya tidak semua pembaca akan memberikan komentarnya di blog anda, mereka kebanyakan hanya akan menjadi silent reader yang sebatas membaca saja dan enggan memberikan komentarnya. lantas bagaimanakah carannya agar blog anda bukan hanya ramai pengunjung, tetapi juga banyak orang berkomentar di dalamnya, yang pada akhirnya akan mendongkrak popularitas blog anda? setelah banyak mengumpulkan artikel dari berbagai sumber mengenai topik ini, akan saya rangkum tips tips jitu berikut buat anda, semoga bermanfaat 10 tips agar blog anda banyak dikomentari orang 1. Dorong pembaca anda untuk berkomentar Tentu saja begitu logiknya, supaya orang mau berkomentar di blog anda, maka mintalah mereka untuk berkomentar. seperti kata pepatah suci "mintalah

Mengembangkan Citra Diri yang Positif

Citra diri merupakan satu unsur yang penting dalam mencapai kesuksesan. Citra diri yang positif akan mendekatkan anda pada kesuksesan, sebaliknya citra diri yang negatif akan menjauhkan anda pada kesuksesan. Hal ini dikarenakan jika anda memiliki citra diri yang negatif, maka anda akan menarik hal-hal yang negatif pada diri anda, dan sebaliknya jika citra diri anda positif, maka anda akan menarik hal-hal yang positif pada diri anda. Lalu apakah sebenarnya citra diri itu? Citra diri adalah gambaran menyeluruh dalam pikiran anda mengenai diri anda sendiri. Bagaimana anda menilai diri anda, keyakinan apa yang anda miliki, bakat dan potensi apakah yang menurut anda, anda kuasai dan sebagainya. Seluruh keyakinan dan pemahaman anda mengenai diri anda sendiri inilah yang membentuk citra diri anda. Itulah sebabnya ada ungkapan "Anda adalah apa yang anda pikirkan mengenai diri anda". Gambaran dan pikiran tentang diri anda sendiri, sangat menentukan kepercayaan diri anda untuk men

Bagaimana cara menulis dengan metode yang menyenangkan

Selamat pagi kawan, bagaimana kabar anda pagi hari ini, tentu sehat sehat saja bukan? Saya harap begitu. Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas sebuah topik yang akan cukup panjang. Silahkan siapkan dulu cemilan dan kopi untuk menemani anda membaca..he3x. Apakah selama ini anda merasa kesulitan dengan tuntutan pekerjaan anda sebagai seorang penulis? Hei..itu sudah menjadi jalan hidup anda bukan? Kenapa anda merasa berat? :-) Sory saya Cuma bercanda. Tetapi kalau dulu saya pernah merasakan hal itu kawan, lha wong sudah memutuskan untuk menekuni dunia tulis menulis, tapi begitu waktunya tiba untuk menulis eh malah ide terasa tersumbat. Padahal sudah menyiapkan alat tulis dan pena. Kok bisa begitu ya. Setelah saya telusuri, itu karena pada waktu menulis saya hanya terpaku pada keadaan bahwa saya harus membuat tulisan yang baik. Jadi ada semacam tuntutan bahwa tulisan yang saya buat nanti harus bisa baik dan sempurna. Lha wong saya baru mencoba pertama kali menulis