Langsung ke konten utama

Bagaimana cara menulis dengan metode yang menyenangkan


Selamat pagi kawan, bagaimana kabar anda pagi hari ini, tentu sehat sehat saja bukan? Saya harap begitu. Baiklah pada kesempatan kali ini saya akan mencoba membahas sebuah topik yang akan cukup panjang. Silahkan siapkan dulu cemilan dan kopi untuk menemani anda membaca..he3x. Apakah selama ini anda merasa kesulitan dengan tuntutan pekerjaan anda sebagai seorang penulis? Hei..itu sudah menjadi jalan hidup anda bukan? Kenapa anda merasa berat? :-) Sory saya Cuma bercanda. Tetapi kalau dulu saya pernah merasakan hal itu kawan, lha wong sudah memutuskan untuk menekuni dunia tulis menulis, tapi begitu waktunya tiba untuk menulis eh malah ide terasa tersumbat. Padahal sudah menyiapkan alat tulis dan pena. Kok bisa begitu ya. Setelah saya telusuri, itu karena pada waktu menulis saya hanya terpaku pada keadaan bahwa saya harus membuat tulisan yang baik. Jadi ada semacam tuntutan bahwa tulisan yang saya buat nanti harus bisa baik dan sempurna. Lha wong saya baru mencoba pertama kali menulis kok sudah punya harapan setinggi itu, lha hasilnya ya buntu pikiran ini.

Sebenarnya untuk seorang yang baru pertama kali mau membuat sebuah tulisan, dia tidak perlu terlalu menghiraukan hasil yang bakal dia buat dulu dalam menulis. Yang dibutuhkan hanyalah kesiapan untuk memulai, dan just do it. Biarlah menulis dulu apa adanya. Pikiran yang mengalir akan mulai menuntun anda saat anda sudah mencoba menulis. Biarkan jari jari anda dituntun oleh pikiran. Lama-kelamaan anda akan merasakan ada kesesauaian antara tangan dan pikiran anda. Jika pada awal-awal paragraf anda sudah menghentikan aliran pikiran anda, yang terjadi adalah akan banyak keraguan yang timbul dan anda mulai mengoreksi hasil perkerjaan anda tersebut. Jangan begitu kawan. Biarlah pikiran anda yang menuntun jari-jari anda. Baru setelah anda merasa cukup menulis, berhentilah dan lihat kembali tulisan anda. Prinsip menulis ini disebut sebagai prinsip menulis 2 jt. Apa itu metode 2 jt, akan saya jelaskan nanti

Setiap dari kita tentu pernah punya hambatan dalam menulis. Lebih lebih ketika kita pertama kali mulai memutuskan untuk menekuni dunia kepenulisan. Ada yang mengatakan pikiran sudah kosong terkuras. Ada yang mengeluhkan masalah waktu yang tidak pernah tenang dalam menulis, disebabkan oleh kesibukan kerja dan urusan rumah tangga. Banyak sekali hambatan yang dialami dalam perjalanan kita menjadi seorang penulis. Sebenarnya untuk menyiasati ini kita harus bisa dalam menentukan prioritas. Bagaimana prinsip menentukan prioritas, yaitu dengan memilih hal apa yang penting dan yang kurang penting. Hal-hal yang kurang penting tidak boleh diletakkan diatas hal-hal yang penting. Hal-hal yang kurang penting harusnya diletakkan setelah hal-hal yang penting. Dengan cara seperti ini anda akan merasa lebih produktif dalam bekerja. Hal yang berikutnya mesti diterapkan sebenarnya adalah menanamkan disiplin dan komitmen. Tanpa itu walaupun anda sudah menerapkan prioritas tapi karena tidak adanya komitmen dan prioritas, pasti anda akan mudah tergoda untuk melakukan hal-hal lain yang bukan merupakan sebuah prioritas.

Hambatan dalam menulis sebenarnya lebih disebabkan oleh bagaimana anda mengatur prioritas dan menerapkan disiplin dan komitmen pada aktivitas menulis itu sendiri. Jika anda ingin menjadi penulis maka tetapkan kegiatan menulis dalam prioritas paling atas dalam keseluruhan jadwal anda. Bila perlu buatlah sebuah daftar kegiatan harian yang anda isi setiap hari. Tempatkan aktivitas pertama pada hari yang bersangkutan adalah kegiatan menulis. Setelah itu anda bisa menuliskan aktivitas lainnya. Dengan begitu walaupun aktivitas anda seharian padat. Anda tetap bisa menulis dan melakukan beberapa kegiatan dengan baik pada hari yang bersangkutan.

Hal yang baru saja saya utarakan diatas adalah dalam penentuan prioritas. Lantas bagaimana jika kesulitannya adalah dalam menentukan ide tulisan apa yang mau ditulis, bagaimana caranya mengembangkan ide tulisan, dan bagaimana caranya setelah mendapatkan ide, kita bisa menulis secara lancar tanpa mengalami hambatan?

Sebenarnya ide bisa ditemukan dimana saja. Bahkan didepan anda sekarang pun kalau anda perhatikan, barang-barang di depan anda pun bisa anda jadikan ide dalam menulis. Sebagai contoh didepan saya saat ini ada lampu belajar, headshet, laptop, dan kacang. Ini bisa saya jadikan ide dalam membuat tulisan. Saya membayangkan lampu didepan saya mati padahal saya mau mengetik. Karena saya membayangkan terbiasa mengetik dengan menggunakan musik dan makan cemilan maka saya tidak perlu pusing dengan lampu mati. Karena kan laptop yang saya buka sudah menyinari huruf huruf pada keyboard :-) Jadi tetap terlihat. Saya bisa menulis begini

”Pada waktu itu jam dua belas malam, saya tidak bisa tidur karena memikirkan ingin menulis metode rahasia 2 jt yang sudah saya baca tadi. Tetapi ternyata lampu mati. Hmm..walaupun begitu saya tidak kehabisan ide, bukankah cahaya laptop bisa menyinari huruf huruf pada keyboard? Saya lalu mulai saja menulis pada laptop saya sambil mendengarkan musik favorit saya dan makan kacang..hmm nikmat.” 

He3x apa yang mau saya katakan adalah, ide sebenarnya bisa didapat dimana saja hanya saja kita tidak menyadarinya. Cobalah konsentrasikan pikiran anda pada apapun yang anda disekitar anda lalu buatlah hubungan-hubungan dengan benda benda tersebut. Maka anda akan menemukan ide tulisan anda nantinya. Selamat mencoba.

Sekarang pertanyannya adalah bagaimana saat saya sudah punya ide, kemudian ingin segera menuangkan dalam sebuah tulisan? Ok sekarang anda sudah mempunyai sebuah ide dan cara pengembangannya. Langkah selanjutnya adalah gunakan metode 2 jt.

Pada waktu saya sedang browsing, saya menemukan sebuah web yang menawarkan suuatu cara menulis dengan cara yang menyenangkan. Karena kondisi saya yang waktu itu sedang mengalami kebuntuan pikiran dalam menulis sebuah blog. Saya lalu membaca penawaran dalam web tersebut dan memesan langsung. Singkat cerita saya baca panduan cara menulis dengan metode 2 jt. Ternyata metode ini menyenangkan. Kita bisa melatih kemampuan menulis kita dengan cara yang menyenangkan. Pikiran terasa mengalir dengan lancar dan mendukung jari-jari saya dalam memencet keyboard laptop saya. Lama-kelamaan seolah tangan ini menyatu dengan pikiran saya. Jadi saya bisa menulis dengan cepat.

Metode 2 jt adalah metode menulis kreatif. Biasanya kita menulis terbebani dengan berbagai macam aturan bukan? Metode ini tidak kawan. Pertama-tama ambil sebuah kertas dan pena. Mulailah menulis apa saja yang ada dalam pikiran anda. Saat anda menulis hilangkan segala macam kritik yang ada dalam kepala. Jangan hiraukan itu. Terus saja menulis dengan bebas. Ada kalanya anda akan ingin merasa berhenti. Jangan hiraukan itu, biarlah anda menulis terus. Baru kemudian setelah anda merasa cukup menulis, lihatlah kembali tulisan anda. Mulailah untuk memperbaiki susunan kalimatnya. Sesederhana itu kawan. Menerapkan metode ini akan melatih kecepatan menulis anda dan membuat pikiran anda tidak terganggu dengan kritik-kritik yang akan menghambat aliran pikiran anda dalam menulis. Dalam waktu yang singkat, tanpa terasa anda sudah bisa menulis beberapa halaman. Coba anda bukitkan sendiri.

Lantas bagaimana jika tulisan yang saya tulis nantinya tidak nyambung? Inilah pentingnya menentukan dulu ide penulisan dan bagaimana cara mengembangkannya. Dengan mempunyai ide, maka pikiran anda tidak akan keluar jalur. Pertama-tama tuliskan dulu ide-ide pokok dan sub idenya. Kemudian ambil satu sub ide pokok, baru kembangkan tulisan berdasarkan sub ide pokok tadi. Begitu satu sub ide pokok sudah berhasil dibuat, barulah melanjutkan ke sub ide pokok yang lain. Begitu seterusnya sampai semuanya sudah anda tulis. Langkah berikutnya adalah menyatukan semua sub ide anda tersebut dan memadu padankan dengan menggunakan kata-kata penghubung atau kalimat penghubung. Kreativitas memainkan peranan disini. Gunakan daya kreatif anda. Jika kita mampu menggunakan daya kreatif kita, maka kegiatan menulis ini akan terasa menyenangkan buat anda. Selamat menulis




Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 tips agar blog anda banyak dikomentari orang

Salah satu kelebihan sebuah blog, adalah disediakannya fasilitas untuk saling berkomentar bagi para pembacanya. Semakin ramai orang yang berkunjung dalam sebuah blog kemudian berkomentar, itu berarti blog tersebut akan semakin populer. sayangnya tidak semua pembaca akan memberikan komentarnya di blog anda, mereka kebanyakan hanya akan menjadi silent reader yang sebatas membaca saja dan enggan memberikan komentarnya. lantas bagaimanakah carannya agar blog anda bukan hanya ramai pengunjung, tetapi juga banyak orang berkomentar di dalamnya, yang pada akhirnya akan mendongkrak popularitas blog anda? setelah banyak mengumpulkan artikel dari berbagai sumber mengenai topik ini, akan saya rangkum tips tips jitu berikut buat anda, semoga bermanfaat 10 tips agar blog anda banyak dikomentari orang 1. Dorong pembaca anda untuk berkomentar Tentu saja begitu logiknya, supaya orang mau berkomentar di blog anda, maka mintalah mereka untuk berkomentar. seperti kata pepatah suci "mintalah

Mengembangkan Citra Diri yang Positif

Citra diri merupakan satu unsur yang penting dalam mencapai kesuksesan. Citra diri yang positif akan mendekatkan anda pada kesuksesan, sebaliknya citra diri yang negatif akan menjauhkan anda pada kesuksesan. Hal ini dikarenakan jika anda memiliki citra diri yang negatif, maka anda akan menarik hal-hal yang negatif pada diri anda, dan sebaliknya jika citra diri anda positif, maka anda akan menarik hal-hal yang positif pada diri anda. Lalu apakah sebenarnya citra diri itu? Citra diri adalah gambaran menyeluruh dalam pikiran anda mengenai diri anda sendiri. Bagaimana anda menilai diri anda, keyakinan apa yang anda miliki, bakat dan potensi apakah yang menurut anda, anda kuasai dan sebagainya. Seluruh keyakinan dan pemahaman anda mengenai diri anda sendiri inilah yang membentuk citra diri anda. Itulah sebabnya ada ungkapan "Anda adalah apa yang anda pikirkan mengenai diri anda". Gambaran dan pikiran tentang diri anda sendiri, sangat menentukan kepercayaan diri anda untuk men