Langsung ke konten utama

Beberapa Pertanyaan yang Dibutuhkan Sebelum Terjun ke Dalam Dunia Penulisan

Apakah anda ragu untuk terjun menjadi seorang penulis? Ya itu sih memang tergantung dari kata hati. Bagi saya menemukan apa yang pas dengan kata hati itu memang sangat sulit prosesnya. Bisa dikatakan panjang dan berbelit. Beruntunglah anda bila sudah sejak awal sudah menemukan bidang pekerjaan yang pas dengan kata hati anda. Dengan begitu halangan ataupun rintangan tidak akan terlalu menyulitkan anda, yang perlu anda lakukan hanyalah menekuni bidang pekerjaan anda tersebut dengan sepenuh hati. Percayalah anda akan merasa gembira dalam menjalaninya. Jika tidak demikian maka anda harus berhenti sejenak. Profesi menjadi penulis sebenarnya sama juga dengan banyak profesi yang lain. Untuk menjalaninya juga diperlukan profesionalitas. Anda harus berkomitmen, berdisiplin, banyak belajar, menjaga konsistensi, mampu mengatur waktu, harus menjalin relasi dengan orang lain dan sebagainya untuk bisa sukses. Jika tidak demikian maka jalan yang akan anda tempuh tentu tidak akan mulus.

Menjadi seorang penulis itu berarti anda memilih sebuah profesi yang mengharuskan anda, paling tidak sedikit lebih memahami dan mendalami suatu informasi tertentu dibandingkan dengan rata-rata orang pada umumnya. Itu berarti anda harus mau untuk banyak membaca buku. Bukan hanya membaca saja, tapi juga harus memahami setiap detail informasi yang disajikan. Apakah cukup sampai disitu? Belum, anda juga wajib mempertanyakan setiap gagasan yang anda temukan dalam buku tersebut. Mengapa? Pada waktunya nanti, ini akan menjadi keuntungan buat anda. Dengan mempertanyakan setiap gagasan yang anda temukan dalam sebuah buku, anda akan memiliki originalitas gagasan anda sendiri. Inilah tambang emas anda. Berlatihlah mempertanyakan gagasan dari orang lain untuk membentuk gagasan anda sendiri dan catatlah itu dalam jurnal anda secara rutin. Jika anda disiplin melakukan hal ini, maka tanpa terasa anda sudah mempunyai sebuah bahan yang lengkap dan original. Inilah yang banyak dicari orang, sesuatu yang original. Orang mencari sesuatu yang berbeda, mereka mencari, dan terus mencari. Anda tawarkan secara tepat ke mereka semua, anda pasti kaya.

Sebenarnya segala sesuatu, segala yang kita butuhkan sudah ada di sekitar kita. Namun untuk dapat memanfaatkannya kita membutuhkan kesadaran. Inilah uniknya kita, merasa bahwa ”pasti ada sesuatu diluar sana yang bisa memuaskan rasa dahaga kita”. Sepertinya ini sudah menjadi seperti dorongan kuat dalam bawah sadar kita, suatu dorongan untuk terus mencari “sesuatu yang belum kita miliki”. Semua dari kita memang mengalaminya, termasuk saya sendiri. Jika hal ini tidak kita antisipasi, maka lama-lama akan suatu perasaan yang kuat seperti  “pasti ada yang salah dengan diriku, dan pasti ada sesuatu di luar sana yang dapat menolongku”. Inilah yang banyak dari kita mengalaminya. Dan inilah mengapa banyak buku mengenai “self help” laris manis di pasaran. Kita memang membutuhkannya.

Saya tidak akan melangkah terlalu jauh kesana, karena itu merupakan wilayah yang berbeda dengan apa yang mau saya tulis disini. Apa yang mau saya katakan adalah, untuk menjadi seorang penulis profesional, kita harus bisa memanfaatkan kebutuhan yang saya ungkapkan di atas. Seorang penulis itu menulis tentang solusi suatu masalah tertentu yang dialami banyak orang. Itu kuncinya. Dengan membahas suatu pokok permasalahan dan bagaimana cara mengatasinya, maka anda sudah menempatkan diri anda dengan tepat. Cepat atau lambat, orang akan mencari anda,  mengeluarkan uang mereka kepada anda untuk menjawab permasalah mereka.

Inilah mengapa saya katakan anda harus memiliki pengetahuan yang lebih daripada banyak orang pada umumnya. Dengan banyak membaca buku, pengetahuan anda akan bertambah. Sebaiknya anda cukup memposisikan diri dalam satu bidang saja dulu. Kemudian cari sebanyak mungkin informasi/pengetahuan tentangnya. Anda harus mampu untuk bertahan disitu, sampai anda benar-benar menguasainya. Dibutuhkan kedisiplinan dan komitmen disini.  Karena kalau tidak, maka akan mudah bagi anda untuk tertarik pada hal yang lainnya. Jika demikian maka tentu tidak baik buat anda. Hal-hal semacam ini merupakan gangguan yang umum dialami oleh para penulis. Dalam bab tertentu saya akan membahasnya lebih dalam.

Lantas pertanyaaannya sekarang, kita harus mulai darimana?Banyak alternatif yang bisa diambil sebenarnya. Namun yang saya rekomendasikan buat anda adalah mulailah dari sesuatu yang menjadi minat anda. Dengan memulai dari sesuatu yang menjadi minat anda, maka tentu anda akan merasa antusias dalam mengerjakannya. Anda akan mencurahkan segenap kemampuan anda, dan anda akan mampu untuk memberikan sesuatu yang lebih dalam tulisan anda tersebut. Disamping itu anda akan merasa gembira nantinya, karena anda tau bahwa anda melakukannya dengan semangat untuk berbagi. Tulisan anda akan terasa lebih hidup dan berenergi. Orang yang membaca buku anda akan merasakannya. Dan ini akan menumbuhkan kepuasan yang lebih buat anda nantinya.

Keuntungan lain jika anda menulis sesuatu yang menjadi minat anda, maka hambatan-hambatan dalam menulis akan mudah untuk anda atasi. Anda akan mudah dalam mengatasi kebuntuan, kebosanan, dan paceklik ide. Jika itu terjadipun, maka anda akan lebih mudah dalam mencari solusinya karena tentunya anda sudah lama berkecimpung dalam bidang yang menjadi minat anda tersebut.  Anda bisa mengingat-ingat kembali pengalaman anda dahulu, membaca buku koleksi anda tentang bidang anda tersebut, ataupun dengan bertanya pada sahabat-sahabat anda yang mempunyai minat yang sama. Atau anda bisa menjelajah internet, segalanya bisa anda temukan disini. Bahkan jika kita menggunakan potensi kreatif kita, akan banyak yang bisa kita manfaatkan dari internet ini.

Berpikirlah kreatif, maka anda akan menemukan banyak hal yang bisa anda kerjakan. Bebaskan pikiran, jangan batasi imajinasi anda. Tuliskan dalam buku catatan setiap ide yang anda dapatkan. Kemudian gunakan ide-ide tersebut sebagai bahan tulisan anda.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

10 tips agar blog anda banyak dikomentari orang

Salah satu kelebihan sebuah blog, adalah disediakannya fasilitas untuk saling berkomentar bagi para pembacanya. Semakin ramai orang yang berkunjung dalam sebuah blog kemudian berkomentar, itu berarti blog tersebut akan semakin populer. sayangnya tidak semua pembaca akan memberikan komentarnya di blog anda, mereka kebanyakan hanya akan menjadi silent reader yang sebatas membaca saja dan enggan memberikan komentarnya. lantas bagaimanakah carannya agar blog anda bukan hanya ramai pengunjung, tetapi juga banyak orang berkomentar di dalamnya, yang pada akhirnya akan mendongkrak popularitas blog anda? setelah banyak mengumpulkan artikel dari berbagai sumber mengenai topik ini, akan saya rangkum tips tips jitu berikut buat anda, semoga bermanfaat 10 tips agar blog anda banyak dikomentari orang 1. Dorong pembaca anda untuk berkomentar Tentu saja begitu logiknya, supaya orang mau berkomentar di blog anda, maka mintalah mereka untuk berkomentar. seperti kata pepatah suci "mintalah

Mengembangkan Citra Diri yang Positif

Citra diri merupakan satu unsur yang penting dalam mencapai kesuksesan. Citra diri yang positif akan mendekatkan anda pada kesuksesan, sebaliknya citra diri yang negatif akan menjauhkan anda pada kesuksesan. Hal ini dikarenakan jika anda memiliki citra diri yang negatif, maka anda akan menarik hal-hal yang negatif pada diri anda, dan sebaliknya jika citra diri anda positif, maka anda akan menarik hal-hal yang positif pada diri anda. Lalu apakah sebenarnya citra diri itu? Citra diri adalah gambaran menyeluruh dalam pikiran anda mengenai diri anda sendiri. Bagaimana anda menilai diri anda, keyakinan apa yang anda miliki, bakat dan potensi apakah yang menurut anda, anda kuasai dan sebagainya. Seluruh keyakinan dan pemahaman anda mengenai diri anda sendiri inilah yang membentuk citra diri anda. Itulah sebabnya ada ungkapan "Anda adalah apa yang anda pikirkan mengenai diri anda". Gambaran dan pikiran tentang diri anda sendiri, sangat menentukan kepercayaan diri anda untuk men

Welcome Back Author Teruslah Bergerak Melangkah Menapaki Tangga Kesuksesan

wah wah ternyata sudah sangat lama saya tidak menulis lagi di blog ini. Kalau tidak salah blog ini sudah saya tulis sejak lama dulu. Karena berbagai hal,  saya sempat lupa kalau blog ini ada. he he he .. oh iya saya sekarang sudah memiliki blog dot com baru ini Linknya , isinya tentang Kiat-kiat sukses dan tentang Internet Marketing. Saya akan memulai lagi semuanya dari awal, bedanya kali ini saya kan posting artikel secara lebih konsisten lagi. Saya akan menggunakan kesempatan mengembangkan blog ini sebagai batu pijakan buat saya memulai bisnis yang sebenarnya. Saya sadar sesadar-sadarnya bahwa untuk bisa memulai dan mengembangkan sebuah blog sangat dibutuhkan kekonsistenan diri yang tinggi. Maka dari itu saya mulai menulis lagi di dalam blog ini untuk melatih diri menuju sikap menulis blog secara konsisten, sehingga nantinya saya bisa membangun bisnis secara Total. Hal pertama yang perlu dipersiapkan tentu saja bukan modal uang. Seseorang yang hanya memiliki uang saja dalam hid